Rabu, 10 Februari 2010

Yuk, Jadi Saksi dan Pelaku Sejarah Komik Indonesia!


Digelarnya pameran komik diharapkan bisa mendukung kemajuan komik Indonesia, terutama sebagai media pendidikan dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia.
Komunitas Pengumpul Komik Indonesia (Pengki), Komunitas Penerbit Komik Indonesia (KPKI), dan Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional (Perpustakaan Depdiknas) kembali mengajak masyarakat luas untuk menjadi saksi sekaligus pelaku dalam sejarah komik Indonesia. Ajakan tersebut ada di Pameran Cergam dengan tema “Komik Indonesia Bangkit!”.
Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Depdiknas Muhadjir, pameran yang dibuka sejak Rabu (2/12) di Perpustakaan Depdiknas ini diharapkan bisa membantu upaya mendukung kemajuan komik Indonesia, terutama sebagai media pendidikan dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia. Pameran Cergam berlangsung hingga 12 Desember 2009 mendatang di Perpustakaan Depdiknas, Jakarta.
Menurut seorang panitia, Ambar Arum, selain memamerkan karya-karya para komikus Indonesia, pameran ini juga akan menggelar workshop "Comic For Everyday" bersama CerGam Center. Dilaksanakan selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (11 dan 12 Desember), workshop diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja usia 9-18 tahun. Di akhir acara, Sabtu (12/12), juga akan diadakan peluncuran komik "Gina" karya Gerdi W.K.
Ambar menambahkan, Pameran CerGam merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Komik Indonesia yang akan diselenggarakan pada 26-28 Februari 2010 di Pasar Festival, Kuningan, Jakarta. Festival Komik Indonesia akan menjadi ajang perayaan komik dengan tema “Berani Ngomik!”.
KOMPAS/HERU SRI KUMORO Kamis, 3 Desember 2009 | 11:49 WIB
Dari : edukasi.kompas.com

2 komentar:

  1. aku ngoleksi komik Indonesia mulai tahun 1975, sampe sekarang masih ada, Herman




    BalasHapus
  2. Masih adakah penerbit komik lokal di Jakarta?

    BalasHapus